5 Image Hosting ini Bisa Menghemat Disk Space Kalian!

Suka fotografi? atau sering jalan jalan dan banyak ambil foto tapi tidak punya hard disk yang cukup untuk menyimpan semua foto itu? atau kamu seorang penulis blog yang tidak menyewa hosting dengan disk space yang banyak?

Tenang! Image hosting adalah solusi yang tepat untuk kalian!

Tapi kalian harus tau apa itu image hosting terlebih dahulu. Image hosting adalah tempat dimana kalian bisa mengunggah foto kalian ke tempat penyimpanan maya atau cloud hosting secara gratis maupun berbayar. Tentu dibatasi dengan ukuran tertentu ya.

Dengan menyimpan foto kalian secara daring, selain menghemat space atau ruang simpan juga bisa menghindari hilangnya file foto kalian yang berharga entah karena harddisk yang rusak atau hilang dicuri orang.

Kalian juga bisa dengan mudah membaginya dengan teman, keluarga, rekan kerja atau siapa saja yang menginginkannya tanpa harus bertemu secara langsung dan menyalinkannya yang tentu saja akan memakan waktu.

sumber: indiaeducation.net

Beberapa image hosting juga menyediakan layanan ekstra seperti mengedit foto secara langsung dan memberikan tampilan galeri yang rapi dan menawan.

Nah, 5 image hosting yang saya rekomendasikan untuk kalian adalah:

1. Google Photos

Google Photos bisa dibilang menjadi salah satu layanan teranyar dari perusahaan raksasa Google. Layanan ini memungkinkan kita untuk menyimpan, mengatur, menyortir dan membagikan foto-foto yang kita unggah ke sana.

Google Photos menyediakan lusinan alat dan pilihan untuk mengatur foto-foto kalian, dan dapat mengaksesnya di gawai apapun. Kalian diberi 2 pilihan yakni mengunggahnya secara otomatis setiap kali kalian mengambil foto menggunakan gawai atau mengunggahnya secara manual melalui komputer, kamera atau gawai kalian.

Kalian juga bisa mengedit foto-foto kalian secara langsung. Memotong, memberi saring atau filters agar foto kalian terlihat lebih menarik hingga membiarkan Google secara otomatis mengubah warna foto agar lebih bagus yang disebut layanan ‘auto awesome’.

Layanan ‘auto awesome’ juga bisa mengubah foto-foto berseri kalian menjadi file .gif. Google Photos juga bisa mengatur foto-foto kalian dan menggolongkannya ke beberapa kategori seperti acara khusus atau liburan yang didasarkan kapan foto tersebut diambil.

Layanan Google Photos ini gratis tanpa biaya selamanya. Sepanjang kalian mengunggah foto berukuran standar (1-4MB). Foto-foto yang kalian simpan akan terhubung dengan akun google mail dan google drive kalian.

Jadi jika kalian ingin mengunggah foto atau video dengan resolusi lebih tinggi, kalian bisa menggunakan google drive dengan ruang gratis sebesar 15GB.

2. Flickr

cara hemat disk space

Layanan image hosting milik Yahoo! ini memiliki tampilan yang menawan. Flickr menyediakan aplikasi, sehingga kalian bisa mengunggah dan mengedit foto-fot kalian hanya dengan gawai yang kalian miliki di jalan.

Flickr menjadi salah satu tempat nongkrongnya para fotografer kelas dunia, disini juga menyediakan fitur foto pribadi sehingga kalian tidak perlu takut ada orang jail yang melihat dan mengunduh foto kalian secara ilegal.

Flickr juga memiliki fitur berupa kepemilikian hak cipta yang bisa kalian gunakan untuk menjual foto-foto yang sekiranya layak jual. Selain itu, tersedia juga fitur penyortiran untuk foto dengan tema-tema tertentu. Sehingga kalian bisa membagikannya kepada grup yang tertarik pada foto kalian atau dapat ditemukan oleh grup tertentu yang tertarik dengan foto kalian.

Flickr memberikan layanannya secara gratis hingga 1TB dengan maksimal ukuran foto 200MB dan 1GB/video dengan maksimal durasi sepanjang 3 menit. Namun layanan ini masih memasukkan iklan untuk para pelanggannya.

Jika kalia tidak ingin ada iklan, kalian bisa membayar USD25 per tahun dengan layanan ekstra berupa ruang simpan tak terbatas dan tanpa iklan.

3. Smugmug

menyimpan gambar aman

Salah satu image hosting paling tua yang ada di dunia maya, perusahaan ini selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan terus memperbarui layanannya.

Memberikan fitur tambahan, desain tampilan yang lebih menarik dan sederhana, dan berbagai alat untuk membuat foto yang kalian unggah menjadi lebih menarik.

Dengan layanan yang tak jauh berbeda dari Flickr, Smugmug adalah tempat bagi mereka yang masih amatir maupun yang sudah profesional di bidang fotografi untuk berkumpul.

Smugmug juga menyediakan layanan hak cipta, pengaturan unduhan, tanda air, dan lain sebagainya. Foto-foto yang kalian unggah akan terunggah dengan resolusi yang sama dengan resolusi kamera kalian.

Namun, untuk menggunakan layanan Smugmug kalian harus merogoh kocek sedalam USD40 hingga USD300 per tahun tergantung dengan ruang simpan dan pengaturan tertentu yang kalian inginkan.

4. Imgur

simpan gambar gratis

Image hosting satu in lebih berfokus pada gambar-gambar yang viral atau terkenal di komputer saja. Jadi jika kalian adalah pemilik situs web yang memposting apa saja yang baru viral atau naik daun di internet, maka Imgur adalah jawabannya.

Selain foto, kalian juga bisa menyimpan meme dan gif. Imgur sangat terkenal sebagai lumbung gambar-gambar yang sedang viral di dunia, maka tak salah jika gambar yang sudah tidak viral atau sudah hilang ketenarannya akan hilang atau dihapus oleh pihak Imgur.

Imgur menyediakan layanannya secara gratis, tapi juga menyediakan layanan berbayar sebesar USD24 per tahun dengan kelebihan tanpa iklan, mendapatkan analisis statistik tentang gambar yang kalian unggah, mendapatkan layanan ekstra seperti pengeditan dan kalian bisa mengunggah gambar sebanyak yang kalian inginkan.

Berbeda dengan layanan gratis yang hanya bisa mengunggah 225 gambar saja. Seperti yang sudah saya tulis di atas, image hosting ini hanya untuk gambar yang viral saja, jadi gambar yang diunggah akan dikecilkan atau di compress hingga tak lebih dari 5MB per gambar. Sedangkan mereka yang membayar dapat mengunggah hingga 10MB per gambar.

5. 500px

image hosting gratis

Sering disebut sosial medianya para fotografer, 500px menjadi tempat yag cocok bagi kalian yang ingin menyimpan foto secara gratis sekaligus berinteraksi dan belajar dengan sesama fotografer.

Situs ini lebih condong menjadi tempat pamernya karya fotografer dari berbagai belahan dunia. Banyak pengguna Flickr juga berbondong-bondong membuka akun di 500px karena tampilannya yang dinilai lebih enak dipandang sekaligus dapat berinteraksi dengan fotografer lainnya.

Disebut-sebut memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan Flickr, namun dengan tampilan yang lebih baik, 500px memiliki keunggulan seperti pengguna dapat memiliki laman mereka sendiri, galeri sendiri, hak cipta hingga dapat menjual karya mereka, dan dapat saling mengikuti perkembangan karya fotografer lain.

500px juga menyediakan aplikasi gawai yang dapat diunduh secara gratis.

Selain gambar kalian juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan gratis dari 10GB hingga 25GB lho! Silahkan baca artikel 10 Cloud Storage yang memberikan 10GB GRATIS!

Jadi pilihan kamu ada dimana?

Selamat memilih!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *