7 Cara Memaksimalkan Potensi Situs WordPress

Sudah bukan rahasia lagi jika WordPress adalah CMS yang sangat bisa diandalkan untuk menjadi alat pembuat situs web untuk pemula maupun yang sudah mahir. CMS atau Content Management Service ini telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia dan lebih dari 400 juta situs web dimotorinya.

Jika dihitung, tiap 17 detik ada 1 situs web yang tercipta menggunakan WordPress. Fakta-fakta inilah yang kemudian mendorong lebih banyak orang menggunakan WordPress untuk membangun situs web mereka.

Kemudahan, integrasi media sosial dan ribuan tema gratis yang tersedia adalah kunci layanan CMS ini terus berkembang. Namun, hal ini bukan berarti situs web kalian akan berkembang pesat secara otomatis hanya karena menggunakan WordPress.

Kalian harus tetap melakukan berbagai hal yang akan melebarkan kepakan sayap situs web yang kalian ciptakan. Untuk itulah saya tulis artikel ini.

Paling tidak, ada 7 hal pokok yang wajib kalian lakukan agar situs web dengan CMS WordPress kalian bisa dimaksimalkan potensinya. Ketujuh hal tersebut adalah:

1. Kualitas Tema

Ribuan tema baik yang gratis dan berbayar tersedia di WordPress. Pilihlah tema yang tidak hanya enak dipandang, namun juga memiliki fungsi yang maksimal dan dapat di modifikasi oleh kalian sendiri tanpa halangan berarti. Tema yang berbayar biasanya memiliki fitur lebih dan tidak mudah error yang tentunya akan menggaggu produktivitas situs web kalian.

Baca juga testimoni yang tersedia di setiap plugin agar kalian tau bagaimana tema ini berjalan setelah diinstal. Ingat, tampilan memang penting diperhatikan, namun fungsi harus diutamakan.

2. Pemilihan Perusahaan Hosting

Pemilihan perusahaan hosting adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai salah pilih karena bisa-bisa saat kalian selesai membangun situs web, perusahaan hosting yang kalian sewa malah bangkrut dan kalian harus menelan kerugian baikt materil dan waktu karena harus memindah server bahkan memulai dari awal lagi.

Pilihlah perusahaan hosting yang memberikan layanan bantuan 24 jam seminggu sehingga jika sewaktu-waktu ada kendala kalian bisa langsung meminta bantuan dari mereka. Selain itu, pilihlah perusahaan hosting yang memberikan update terjadwal dan backup jika kalian minta sewaktu-waktu.

3. Pemilihan Plugin

Menginstal terlalu banyak plugin bukan malah membuat situs web kalian bertambah fiturnya. Alih-alih tambah keren, situs web kalian akan menurun performanya karena beban kerja dari plugin yang terlalu banyak. Installah hanya plugin yang akan sering kalian gunakan dan hapus yang hanya kalian butuhkan sesaat.

4. Mengatur Situs Web

Setelah selesai menginstal WordPress di cPanel kalian, kalian harus mengaturnya dengan benar. Contohnya, kalian harus mengatur bagaimana sebaiknya komentar di perbolehkan dan bagaimana diskusi berjalan di kolom komentar situs web kalian. Pengaturan pranala luar, dan hal laiinya.

Hal-hal tersebut dapat dengan mudah kalian temukan di laman Dashboard WordPress dan pastikan kalian memahaminya sebelum menginstal plugin atau pengaturan lainnya.

5. Tampilan di Layar Gawai

Banyak pengguna internet di dunia sekarang hanya menggunakan gawai atau telepon pintar mereka untuk mengakses sebuah situs atau mencari sesuatu. Sifatnya yang mudah dan dapat dibawa kemana-mana memang sangat memanjakan manusia.

Karena itulah kalian harus memikirkan bagaimana tampilan situs web kalian di layar gawai atau telepon pintar pengunjung kalian. Kalian bisa menggunakan plugin tertentu, mengaturnya melalui jendela pengaturan tema atau langsung mengaturnya di pengaturan WordPress.

6. Keamanan

WordPress memang telah dipersenjatai dengan fitur terkini mengenai masalah keamanan, namun tetaplah berjaga-jaga dan waspada dengan melakukan pengamanan tersendiri. Menginstal plugin keamanan adalah salah satu tindakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

7. SEO

Search Engine Optimization adalah berbagai langkah dan cara yang kalian gunakan agar situs kalian mentereng di hasil pencarian teratas mesin pencari semacam Google ketika kata kunci yang cocok dengan situs web kalian dimasukkan oleh pengunjung.

Mengaplikasikan berbagai langkah, cara dan trik SEO serta menggunakan plugin seperti WordPress SEO oleh Yoast adalah cara yang jitu.

Selain itu, ada baiknya kalian juga menggunakan Social Engine Optimization. Adalah cara memasarkan situs web kalian melalui media sosial dimana pengunjung dan calon pengunjung situs web kalian berada dan menghabiskan banyak waktu disana.

Dengan begitu kalian akan dengan mudah mengenalkan situs web dan membangun kepercayaan terhadap merk kalian.

Jadi, untuk mengembangkan situs web memang memerlukan kerja keras dan waktu yang tidak instan. Namun, hasil yang diperoleh pun tidak akan mengecewakan jika kalian mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *