8 Cara Membuat Gambar Lebih SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah langkah-langkah atau tips yang sebaiknya dilakukan agar situs web atau blog kita muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Dengan munculnya situs web atau blog kita di hasil pencarian teratas, maka akan semakin banyak orang yang berkunjung ke situs web kita. Dengan begitu, kita akan mendapat pundi-pundi uang yang lebih banyak.

Salah satu langkah atau tips dalam SEO adalah dengan menggunakan gambar yang kita masukkan ke pos situs web atau blog. Dengan munculnya gambar di pencarian teratas juga akan membuka kesempatan untuk dikunjungi lebih banyak orang jika mereka mencari melalui gambar.

Berikut ini ada 8 cara untuk membuat gambar kalian lebih rama SEO.

1. Pilih Gambar yang Unik dan Menarik

Tips ini bfungsi utamanya adalah menarik para pengunjung dari ketertarikan mereka pada gambar yang unik dan menarik, jadi jika kalian memiliki gambar yang unik dan menarik bisa kalian taruh di sits web atau blog kalian untuk memancing perhatian pengunjng.

Jika perlu unggahlah gambar buatan kalian sendiri yang tentu saja tanpa harus membeli hak cupta dari gambar tersebut.

2. Pasang Atribut ALT pada Gambar

SEO gambar ampuh

Fungsi dari penulisan ALT adalah agar gambar yang kalian unggah itu bisa terindex mesin pencari dengan cepat dan mudah.

Dengan terindexnya gambar kalian oleh mesin pencari maka ketika ada keyword yang dimasukkan oleh pengunjung cocok dengan Atribut ALT yang kalian masukkan, maka gambar kalian akan muncul di hasil pencarian teratas.

Selain ALT, pemberian nama pada kolom Title juga penting agar gambar kalian mudha ditemukan oleh mesin pencari jika keyword yang dimasukkan cocok.

3. Ganti Nama Gambar

Penggantian nama atau rename dapat mempermudah mesin pencari untuk menemukan gambar yang kalian pasang di situs web atau blog. Meskipun tidak berpengaruh banyak, tips ini nyatanya masih banyak di praktekkan oleh para master SEO dan mereka sangant terbantu dengan me-rename file gambar mereka.

Sebisa mungkin rename gambar kita dengan deskripsi gambar yang singkat. Contohnya, jika kalian ingin menambahkan gambar mengenai SEO, maka nama gambar kalian jangan hanya SEO, tambahi beberapa kata agar membentuk frasa atau klausa, menjadi Apa itu SEO, atau Seberapa penting SEO itu?

4. Letakkan Gambar di Posisi yang Strategis

Tips ini berlaku ketika pengunjung sudah membuka laman situs web atau blog kalian. Dengan menempatkan gambar di beberapa tempat strategis seperti awal artikel, tengah, beberapa tempat sebagai pemisah sub-bahasan artikel dan akhir artikel.

Dengan penempatan gambar ini bisa membantu mesin pencari untuk mengindex gambar kita bersamaan dengan pengindex-an artikel kita.

5. Beri Caption pada tiap Gambar

Selain judul (title) dan atribut ALT, mesin pencari juga menggunakan caption untuk mengindex gambar yang ada di situs web atau blog kita. Caption menjadi bahan pertimbangan pengindex-an karena teks ini senantiasa menempel dengan gambar, sehingga secara langsung adalah deskripsi penuh atau keterangan lain yang perlu ditulis untuk gambar tertentu.

6. Kode Script

Cara ini mungkin terlihat agak susah bagi mereka yang awam didunia kode komputer. Tapi sebenarnya sangat mudah. Semudah menyalin dan menempelkan kode. Caranya, masuk ke area Edit HTML pada template blog. kemudian cari kode </body> salin kode dibawah ini dan taruh sebelum kode </body>

(hilangkan tanda petik (“…”) di awal dan akhir kode ini serta garis miring (/) yang berwarna hitam di awal paragraf kode)

</script type=’text/javascript’>//<![CDATA[$(document).ready(function() {$(‘img’).each(function(){var $img = $(this);var filename = $img.attr(‘src’)$img.attr(‘alt’, filename.substring((filename.lastIndexOf(‘/’))+1, filename.lastIndexOf(‘.’)));});});//]]></script>//

</script type=’text/javascript’>//<![CDATA[var scrollTimer = null;$(window).scroll(function() {   var viewportHeight = $(this).height(),       scrollbarHeight = viewportHeight / $(document).height() * viewportHeight,       progress = $(this).scrollTop() / ($(document).height() – viewportHeight),       distance = progress * (viewportHeight – scrollbarHeight) + scrollbarHeight / 2 – $(‘#scroll’).height() / 2;    $(‘#scroll’)        .css(‘top’, distance)        .text(‘ (‘ + Math.round(progress * 100) + ‘%)’)        .fadeIn(100);    if (scrollTimer !== null) {        clearTimeout(scrollTimer);    }    scrollTimer = setTimeout(function() {        $(‘#scroll’).fadeOut();    }, 1500);});//]]></script>

7. Pilih Gambar yang Sesuai Konten Artikel

Jangan biarkan pengunjung situs web atau blog kalian merasa “tertipu” dengan gambar yang kalian sajikan, namun konten artikel tidak membahas gambar atau tidak memiliki relevansi dengan ilustrasi yang disediakan. Bisa-bisa mereka enggan datang lagi ke situs web atau blog kita.

8. Jangan Gunakan File yang Terlampau Besar

File gambar yang terlalu besar akan menyebabkan lambatnya pemuatan gambar di komputer atau gawai pengunjung. Hal ini mungkin akan menyebabkan gagal termuatnya gambar karena koneksi yang lambat.

Untuk mengatasinya kalian bisa mengunggah file dengan ukuran kecil atau meng-compress nya terlebih dahulu menggunakan Microsoft Picture Manager yang tersedia disetiap Windows.

Kedelapan cara diatas jika dipraktikkan secara terus-menerus semoga dapat menaikkan jumlah traffic kunjungan ke situs web atau blog kalian. Saya yakin masih ada berbagai cara lain yang juga mempengaruhi ke-SEO-an gambar yang kalian taruh di situs web atau blog kalian. Jangan berhenti membaca ya!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *