Apa itu Widget dan Apa Fungsinya?

apa itu widget di wordpress

Sumber: pcadvisor.co.uk

Gambar di atas sudah familiar bukan? Apa yang bisa kalian simpulkan? ya, gambar diatas adalah ‘gadget’ yang telah ada di windows sejak versi windows vista. Disana terdapat berbagai aplikasi yang berfungsi untuk memberikan informasi dengan tampilan lebih menarik dengan bentuknya yang infografis.

Ada berbagai informasi yang bisa kita dapatkan dari ‘gadget’ diatas, dari informasi tanggal, waktu, laporan cuaca, menampilkan gambar dari galeri, pengingat, dan lain sebagainya.

Nah, tahukah kalian bahwa WordPress juga menyediakan fitur serupa ‘gadget’ di windows namun dengan nama ‘Widget’ yang memiliki fitur lebih banyak dan menjangkau hingga ke detail kebutuhan situs web kalian?

Widget adalah sebuah aplikasi khusus yang menempati kapling khusus pula di situs web kalian dan melakukan fungsi tertentu. Kalian bisa menaruh/menambahkan widget ke sidebars atau baris di sisi laman situs web.

Pada awalnya, widget di wordpress dibuat untuk menyediakan kontrol yang sederhana dan mudah digunakan namun dengan tampilan yang menarik. Seiring perkembangannya, widget di wordpress kemudian berevolusi tidak hanya menyediakan kontrol, namun juga informasi yang dibutuhkan oleh pemilik maupun pengunjung situs web.

WordPress menyediakan 15 widgets utama yang berbeda dengan fungsinya masing-masing. Namun, kalian bisa menambah widget dengan mengunduhnya sendiri.

Jika kalian ingin mengetahui cara mengatur widget, kalian bisa membaca artikel yang sudah saya tulis sebelumnya di Cara Mengatur Widget di WordPress. 

Kalian bisa menemukan widget dengan cara masuk ke laman Dashboard wordpress kalian, kemudian taruh kursor di atas Appearance, dan kemudian klik Widgets.

ke 15 widgets yang disediakan oleh WordPress ada di gambar di bawah ini;

fungsi widget di wordpressapa saja fungsi widget di wordpress

  1. Archives dalam bahasa Indonesia berarti arsip adalah widget dimana kita bisa menampilkan artikel apa saja yang kita publikasikan dalam periode 1 bulan. Biasanya widget ini akan menampilak 3-5 bulan kebelakang.
  2. Calendar. Sesuai dengan namanya widget ini akan menampilkan kalender dalam periode 1 bulan.
  3. Categories adalah widget dimana kita bisa menampilkan kategori yang telah kita buat sebelumnya. Kita bisa mengatur tampilan kategori tersebut apakah muncul kebawah (dropdown) ketika di klik atau muncul dalam daftar. Untuk mengetahui cara membuat kategori kalian bisa membacanya di artikel Cara Membuat Kategori di WordPress.
  4. Custom Menu adalah widget dimana kita bisa menampilkan menu yang telah kita buat sebelumnya.  Untuk mengetahui cara membuat menu kalian bisa membacanya di artikel Cara Membuat Menu Navigasi di WordPress.
  5. Meta berfungsi untuk memasukkan beberapa link atau URL yang terkait dengan wordpress secara otomatis. Jika diaktifkan, widget ini juga akan menampilkan link untuk login bagi pemilik blognya.
  6. Pages adalah widget dimana kita bisa menampilkan pages atau halaman yang telah kita buat sebelumnya.  Untuk mengetahui cara membuat pages atau halaman kalian bisa membacanya di artikel Cara Membuat Pages atau Halaman di WordPress.
  7. Recent Comments berfungsi untuk menampilkan komentar yang paling baru yang masuk ke situs web kalian
  8. Recent Posts berfungsi untuk menampilkan beberapa artikel atau pos terbaru yang kalian publikasikan.
  9. RSS adalah kepanjangan dari Rich Site Summary yang digunakan untuk mempublikasikan informasi teranyar mengenai situs web terkait atau situs web lain yang bisa berupa artikel atau pos, berita, audio maupun video. Untuk memasang RSS dari situs lain kalian hanya cukup memasukkan link atau URL dari situs tersebut ke RSS yang diinginkan.
  10. Search berfungsi untuk memberikan kolom pencarian di situs web kalian
  11. Tag Cloud berfungsi untuk menampilkan kata kunci yang ditulis untuk menandai pos atau artikel di situs web kalian. Jadi seperti lumbung tagar di media sosial.
  12. Text berfungsi untuk menampilkan teks-teks yang telah kita buat di widget ini. Kalian juga bisa menuliskan kode HTML.
  13. WRITEE – About Me adalah widget yang berfungsi menampilkan profil dari si pemilik situs web.
  14. WRITEE – Recent Post memiliki fungsi yang sama dengan Recent Posts yakni menampilkan pos atau artikel terbaru yang kita publikasikan.
  15. WRITEE – Social Media URL berfungsi untuk menampilkan tombol berbagi ke media-media sosial yang dimiliki oleh pengunjung situs web kita ketika mereka ingin membagikan artikel di situs web kita ke media sosial mereka.

Jadi kalian sudah paham kan apa itu widget dan fungsinya? Selamat Mencoba!

Incoming search terms:

  • wungsi tombo widget
  • apa itu widget
  • apakah fungsi widget
  • fungsi dari widget lockdown
  • fungsi ip wignet setting
  • Fungsi wideget
  • fungsi widget

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *