Cara Membuat Kategori di WordPress

Kategori adalah sebuah bagian dari sistem klasifikasi. Bisa dibilang kategori adalah turunan atau bagian kecil dari entitas yang lebih besar. Jika digambarkan kategori bisa berbentuk diagram hierarki. Bisa juga berbentuk diagram venn.

Disamping itu, kategori juga bisa menjadi entitas yang lebih besar dari entitas individu atau kumpulan individu lainnya.

Di WordPress, kategori berfungsi untuk menggolongkan suatu hal ke golongan atau induk golongan yang lain. Untuk lebih jelasnya, gambar dibawah ini adalah contoh kategori yang ada di WordPress.

cara membuat kategori baru di wordpress

Di sebelah kanan yang saya beri kotak merah adalah 3 kategori yang ada di laman lautanhost.com disana ada 3 kategori besar yakni kategori pos-pos terbaru, kategori arsip dan kategori kategori yang menjelaskan kategori artikel apa saja yang ditulis di web tersebut.

Pentingnya membuat kategori ini adalah memudahkan pengunjung dalam menemukan hal/kategori yang mereka cari sekaligus memberikan penawaran hal-hal apa saja yang ada di situs tersebut. Sehingga situs web yang kita kelola akan mendapat lebih banyak kunjungan.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan 2 langkah sederhana untuk membuat kategori di situs web wordpress kalian.

Pertama

cara membuat category di wordpress

  • Buka laman Dashboard WordPress kalian
  • Taruh kursor di atas ‘Post’ kemudian klik ‘Categories’

Kedua

cara membuat kategori di wordpress

  • Setelah kalian mengeklik ‘Categories’ maka laman baru seperti gambar di atas akan terbuka.
  • Pada kolom ‘Name’ (yang saya beri angka 1) masukkan nama kategori yang diinginkan
  • Pada kolom ‘Slug’ (yang saya beri angka 2) masukkan URL yang diinginkan. Kolom ini berfungsi untuk menampilkan URL yang diinginkan. Secara default biasanya jika kita memasukkan ‘Baju Dewasa’ di kolom nama maka URL yang terbuat adalah namawebsite.com/baju-dewasa nah agar lebih sederhana, mudah diingat dan mudah ditemukan oleh mesin pencari (kepentingan SEO) maka URL default tadi dapat diubah menjadi namawebsite.com/dewasa
  • Pada kolom ‘Parent’ (yang saya beri angka 3) bisa dikosongkan atau dipilih kategori mana yang akan menjadi induk atau berada di atas kategori yang akan kita buat ini. Jadi kategori A bisa menjadi induk kategori B, dan C. Sekaligus, kategori B menjadi induk kategori E, F dan seterusnya.
  • Pada kolom ‘Description’ (yang saya beri angka 4) bisa dikosongkan atau diisi dengan deskripsi singkat mengenai kategori yang dibuat yang nantinya akan muncul di situs web kalian.

Sekarang kalian sudah memiliki kategori yang bisa ditampilkan di situs web. Kalian bisa membuat kategori dengan jumlah sesuka kalian.

Untuk mengetahui penggunaannya di situs web ini, kalian bisa melihat gambar di bawah ini.

kategori

Tampak di gambar di atas ada 4 kategori tulisan yang saya buat untuk artikel ini.

Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *