Cara Membuat Pos Baru di WordPress

Sudah selesai membangun situs web yang kalian inginkan? Sekarang saatnya menulis konten untuk situs web kalian. Dengan adanya konten maka mesin pencari akan lebih mudah menemukan situs kalian sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh pemakai inernet.

Dengan begitu lalu lintas situs kalian akan naik secara signifikan. Tapi ingat, konten yang berkualitas akan lebih cepat menaikkan lalu lintas ke situs web kalian ketimbang banyaknya konten di situs kalian. Walaupun kuantitas juga berpengaruh, tapi konten yang berkualitas akan membuat pemakai internet mau berkunjung ke situs kalian lagi dan lagi.

Ada 2 langkah mudah yang harus kalian lalui untuk dapat menulis konten baru situs web kalian. Yakni, Pengaturan dan Mulai Menulis. Di artikel ini saya juga akan menjelaskan sedikit alat-alat atau tools apa saja yang disediakan oleh WordPress dari proses menulis hingga menerbitkan.

1. Pengaturan

  • Buka laman Dasbor WordPress kalian
  • Taruh kursor ke tab ‘Pos’ yang ada di sebelah kiri laman.
  • Klik ‘Tambah Baru’ maka akan terbuka lamna baru yang terdiri dari 2 kolom. Kolom judul dan kolom untuk menulis artikel.

Cara membuat post baru di WordPress

  • Ada cara alternatif yang lebih mudah yakni cukup dengan mengeklik tanda ‘+ Baru’ yang ada di bagian atas laman (di bawah kolom URL) yang sudah saya beri kotak warna merah di gambar di atas maka laman untuk menulis artikel baru akan otomatis terbuka.

2. Mulai Menulis

membuat pos baru di WordPress

  • Gambar di atas adalah laman untuk menulis artikel. Terdapat 2 kolom utama yakni kolom menulis judul yang terletak di bawah tulisan ‘Tambahkan Pos Baru’
  • Dibawahnya (sudah saya beri tulisan ‘masukkan isi artikel disini’ adalah tempat dimana kalian menulis isi artikel/konten.
  • Simbol-simbol yang saya beri kotak warna merah adalah toolbar yang berfungsi untuk mengedit tulisan kalian. Seperti di Microsoft Word, mereka memiliki fungsinya masing-masing.
  • Jika kalian meletakkan kursor di atas simbol tersebut, maka akan muncul keterangan kegunaan/fungsi dari simbol tersebut.
  • Di sebelah kanan atas, saya memberi 3 panah. ‘Simpan Konsep’ berfungsi untuk menyimpan draft atau tulisan yang belum jadi 100% jadi kalian bisa menyimpan dan melanjutkan menulis lain kali.
  • ‘Pratinjau’ berfungsi untuk melihat seperti apa hasilnya sebelum di terbitkan.
  • Dan tombol ‘Terbitkan’ tentu saja untuk menerbitkan tulisan kalian secara resmi ke situs web kalian.

Jika kalian ingin menambahkan gambar, tabel atau hal lainnya, kalian bisa mengunduh ‘Plugins’ agar hal yang kalian ingin tampilkan lebih apik terlihat. Karena WordPress dasar tidak menyediakan tool atau alat yang bisa menampilkan data secara apik.

WordPress menyediakan ribuan jenis plugins yang berasal dari pihak ketiga. Diantara ribuan plugins tersebut jika kalian ingin membuat Galeri foto didalam pos bisa menggunakan Photo Gallery.  Jika kalian ingin menampilkan tabel secara komprehensif, simple dan dapat disortir dengan mudah, bisa menggunakan wpDataTables.

Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *