Cara Menggunakan Kategori di WordPress dengan Tepat

Seperti yang sudah diketahui, kategori adalah salah satu cara atau layanan yang disediakan oleh WordPress agar kita bisa lebih mudah menggolongkan pos atau tulisan yang kita taruh ke situs web kita ke kategori tertentu yang sudah kita buat sebelumnya.

Kategori ini juga akan memudahkan pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari ketika mengunjungi situs yang kita kelola. Jika digambarkan, maka kategori berfungsi seperti diagram hierarki dengan 1 kategori puncak.

Perhatikan gambar dibawah ini!

cara membuat kategori baru di wordpress

Meski yang bernama ‘Kategori’ hanya yang paling bawah, tapi sebenarnya ‘Arsip’ dan ‘Pos-pos Terbaru’ juga merupakan kategori, namun kategori ini diberi nama ‘Arsip’ dan ‘Pos-pos Terbaru’

Pada Kategori ‘Pos-pos Terbaru’ terdapat 5 artikel pos paling baru yang ditampilkan.

Pada Kategori ‘Arsip’ terdapat 3 sub-kategori yakni ‘April 2017’ yang berisi 1 pos, ‘Maret 2017’ yang berisi 28 pos dan ‘Februari 2017’ yang berisi 14 pos.

Sedangkan pada Kategori ‘Kategori terdapat 6 sub-bab yang masing-masing memiliki isi pos tersendiri, yakni cPanel, Domain, Hosting, SEO, Uncategorized dan Website.

Nah, kemudahan yang didapat oleh pengunjung situs web jika kita menyediakan kategori adalah mereka akan dengan mudah mengakses dan menemukan pos atau artikel yang mereka butuhkan.

Misal si Asep tak sengaja datang ke situs lautanhost.com karena ingin membaca artikel ‘Cara Backup Data di WordPress’ namun karena Asep melihat ada kategori SEO maka ia penasaran dan akhirnya membuka kategori SEO yang memuat beberapa artikel yang membahas seputar SEO.

Seperti simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, pengunjung diuntungkan dengan kemudahan yang tersedia dalam mengakses informasi, sedangkan pengelola situs juga untung karena sits web yang mereka kelola mendapat banyak klik dan pengunjung.

Nah, jika sekarang kalian sudah memahami apa itu kategori dan fungsinya, kalian juga pasti sudah bisa membuatnya.

Jika kalian belum bisa, kalian bisa membaca artikel Cara Membuat Kategori di WordPress.

Dalam artikel di hyperlink diatas, kalian akan lebih memahami bagaimana cara membuat kategori dengan cepat dan tepat.

Menganai hal ketepatan, dengan gambar di bawah ini akan saya jelaskan sedikit bagaimana cara menggunakan kategori dengan tepat.

cara menggunakan kategori secara tepat

Jika kalian sudah membaca artikel cara membuat kategori, maka kalian akan tahu apa fungsi 4 kolom yang ada di sebelah kiri laman yakni untuk membuat kategori baru.

Pada fungsi-fungsi yang ada di sebelah kanan laman yang saya beri kotak merah, ada daftar kategori yang sudah saya buat. Nah, kategori-kategori tersebut dapat dibuat secara hirarki dengan cara mengubah kolom ‘parent’ yang berarti induk dari kategori tersebut.

Jika kita ingin mengubah lebih dari 1 kategori, maka bisa menggunakan fitur ‘Bulk Action’ dengan cara mencentang kotak pilihan yang ada di sebelah kiri nama kategori.

Pada tampilan saat kita akan menulis pos baru (seperti gambar dibawah ini) cara memasukkan pos ke kategori tertentu adalah dengan mencentang ke kategori mana pos itu ingin kita masukkan. Mudah bukan?

cara menggunakan kategori dengan tepat

Selamat mencoba mempraktekkan fungsi kategori!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *