Cara Mengubah Permalink di WordPress

Permalink adalah alamat situs web kita yang dapat diatur penulisannya. Alamat ini tersedia berbeda-beda di tiap laman situs web kita. Jadi, tiap post, menu, atau page di situs kita akan memiliki permalink yang berbeda-beda.

Meskipun berbeda, permalink ini dapat diatur dengan pola yang sama, sehingga kalian tidak perlu pusing memikirkan atau mengingat alamat yang berbeda.

Tulisan dalam kotak merah di atas adalah contoh dari permalink yang mudah ditemukan oleh mesin pencari. Kenapa? Karena bentuknya yang kata dan frasa sehingga mudah terbaca isinya oleh mesin pencari Google.

Permalink memiliki peran yang cukup penting dalam dunia SEO. Hal ini dikarenakan mesin pencari seperti Google akan mencari kata kunci yang paling sesuai salah satunya dari permalink yang ada di tiap laman situs kita.

Semakin sesuai dengan kata kunci yang dicari dengan permalink yang ada, maka kemungkinan untuk muncul di hasil pencarian teratas pun akan semakin besar.

Nah, untuk itu sangat penting untuk mengetahui cara mengubah permalink. Dalam artikel ini akan saya bahas 2 langkah mudah untuk mengubah permalink dan penjelasannya.

Langkah Pertama

cara mngatur permalink

  • Masuk ke laman ‘Dashboard’ kalian
  • Letakkan kursor ke ‘Settings’ dan klik ‘Permalink’

Langkah Kedua

permalink adalah

  • laman baru akan terbuka
  • Disana akan ada 5 pilihan pengaturan permalink yang disediakan oleh WordPress dan 1 pilihan custom alias terserah kita mau buat seperti apa
  • Jika kalian ingin membuat custom permalink, lebih baik dilakukan per post agar lebih mudah
  1. Plain: adalah tipe permalink yang menampilkan nomor laman secara berurutan dari laman pertama yang ada di situs web kalian.
  2. Day and name: adalah tipe permalink yang menampilkan tanggal terbit post (dengan format yyyy/mm/dd) dan diikuti dengan judul post
  3. Month and name: adalah tipe permalink yang menampilkan bulan dan tahun terbit post (dengan format yyyy/mm) dan diikuti dengan judul post
  4. Numeric: adalah tipe permalink yang menampilkan nomor laman secara berurutan dari post pertama yang ada di situs web kalian.
  5. Post name: adalah tipe permalink yang menampilkan judul yang kalian masukkan ke kolom judul di post kalian

Saya sendiri lebih memilih ‘Post Name’ karena permalink yang ada akan sesuai dengan judul artikel yang saya buat, sehingga akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari Google.

Dengan sesuainya judul dengan kata kunci yang dimasukkan ke Google, maka artikel saya pun akan muncul di pencarian teratas Google, walaupun masih ada faktor lain yang mempengaruhi.

Seperti yang saya tulis di poin ketiga di atas, cara membuat custom permalink lebih baik dilakukan perpost agar lebih mudah, caranya dapat dilihat di gambar di bawah ini.

apa itu permalink

Dengan mengeklik tombol ‘Edit’ kalian bisa membuat permalink atau URL sesuai keinginan kalian.

Jika kalian ingin membuat permalink sendiri, maka 2 hal yang patut diperhatikan adalah Singkat dan Deskriptif.

Kenapa? Permalink yang singkat dan deskriptif ini akan mempermudah kalian melakukan promosi konten ke tempat lain semacam media sosial. Kedua, agar mudah diingat.

Ketiga, agar lebih mudah ditemukan dan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan ke mesin pencari Google.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *