Plugin Terbaik Untuk Melihat Statistik Pengunjung WordPress

Plugin Terbaik Untuk Melihat Statistik Pengunjung WordPress – Laporan statistik untuk sebuah situs web atau blog sekalipun adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Kenapa? dengan laporan statistik yang akurat dan menyeluruh maka kita bisa mempersiapkan rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk situs web atau blog yang kita kelola.

Sebuah laporan statistik dapat melaporkan banyak hal, dari jam berapa situs web atau blog kita ramai, berapa jumlah pengunjung di tiap artikel, tanggal, bulan, tahun hingga jam-jam tertentu, dari mana asal pengunjung situs web atau blog kita, dari mana pengunjung menemukan situs web atau blog kita dan lain sebagainya.

Dengan laporan statistik kita juga dapat mengetahui jam kapan saja situs web atau blog kita ramai dikunjungi sehingga kita bisa menyesuaikan jam berapa sebuah artikel harus sudah diterbitkan.

Dengan mengetahui artikel mana yang mendapat kunjungan paling banyak, kita bisa membuat artikel lain yang serupa sehingga akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak lagi. Dengan segala kelebihannya, laporan statistik memang wajib hukumnya untuk diketahui seorang pengelola situs web atau blog karena memang sangat membantu mengetahui segala hal mengenai situs web atau blog kita.

Nah, dengan beragam kelebihan yang diberikan oleh sebuah laporan statistik, maka kalian perlu memiliki plugin yang akan memberikan laporan statistik tersebut. Saya beri 6 pilihan plugin, kalian bisa mencobanya atau cukup membaca sedikit ulasan yang saya tulis untuk menggunakannya. keenam plugin tersebut adalah;

1. Google Analytics

plugin untuk melihat statistik situs web paling baik
Plugin ini sebenarnya berfungsi untuk menghubungkan situs web kalian dengan Google Analytics versi web dan menampilkan hasil statistiknya langsung di ‘Dashboard’ kalian tanpa harus membuka 2 tab. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot membuka Google Analytics versi web.

Tampilannya yang sederhana namun dapat menampilkan beragam fungsi statistik dengan sangat detail, dan dapat disortir berdasarkan waktu, halaman, bounce rate, page view, session dan banyak lainnya. Selain itu kalian juga bisa melihat asal pengunjung berdasarkan demografinya dan bisa mendata outbound link.

Plugin ini sangat membantu jika kalian terlalu malas atau tidak punya waktu untuk meningtegrasi situs web kalian ke Google Analytics secara manual. Plugin ini hadir dalam versi gratis maupun berbayar.

2. WP Statistics

plugin untuk melihat statistik situs web wordpress
Plugin ini adalah plugin resmi yang dimiliki oleh WordPress dan tersedia secara gratis. Layanan yang diberikan tak jauh berbeda dengan Google Analytics, hanya saja kalian bisa melihat peramban apa yang dipakai pengunjung kalian untuk membuka situs web kalian.

Kalian juga bisa mendapatkan email yang berisi laporan seberapa banyak pengunjung yang membuka situs web kalian. Tampilan yang sederhana dan tersedia dalam bahasa Indonesia juga menjadi kelebihan dari plugin satu ini.

3. Jetpack

plugin untuk melihat statistik situs web wordpress
Saya memakai plugin ini sebagai pelapor data statistik situs web saya. Dengan segala kelebihan yang tak jauh berbeda dengan Google Analytics dan WP Statistics. Plugin ini bisa menampilkan data statistik secara real time atau secara langsung dan lebih akurat.

Selain data statistik, plugin ini juga memiliki fitur untuk memantau keadaan situs web kalianjika ada masalah yang muncul, mengoptimalkan ukuran gambar yang akan kalian unggah dan menghubungkan selfhosted website (wordpress.org) kalian dengan wordpress.com

Jetpack juga dilengkapi dengan fitur lain seperti sharing, open graph, dan secutiry. Jadi kalian tidak perlu menginstal plugin lain yang menyediakan layanan serupa karena sudah ada didalam Jetpack.

4. WP Slimstat Analytics

plugin untuk melihat statistik situs web
Plugin ini berukuran relatif lebih kecil dibanding plugin penyedia laporan statistik lain yang serupa. Karena itulah plugin ini sangat cocok digunakan bagi kalian yang menyewa hosting dengan spesifikasi server dengan CPU dan RAM usage yang tergolong kecil hingga medium.

namun, jangan khawatir karena layanan yang diberikan sudah cukup baik seperti laporan tentang besar kecilnya traffic blog, server latency (untuk mengecek apakah ping server dalam keadaan normal atau tidak), dan juha kalian bisa melihat apakah pengunjung datang dari gawai atau komputer.
Plugin ini juga sesuai dengan W3 Total Cache, WP SuperCache dan plugin cache lainnya.

5. WP Power Stats

rekomendasi plugin untuk melihat statistik situs web untuk wordpress
Kelebihan yang ditawarkan plugin satu ini adalah kemandiriannya yang menciptakan laporan statistik tanpa bantuan dari pihak ketiga seperti Google Analytics. Sehingga, data yang didapat di proses langsung oleh plugin ini dan berasal dari situs web kita.

Instalasi dan penggunaannya yang sangat mudah membuat 10ribuan orang memilih plugin ini untuk melaporkan statistik. Selebihnya, plugin ini akan menampilkan data-data yang tak jauh berbeda dengan plugin yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

6. WassUp Realtime Analytics

plugin untuk melihat statistik situs web
Plugin ini mampu menampilkan data IP pengunjung dan robot pencari dari mesin pencari seperti Google yang membuka situs web kalian. Selain itu kalian juga bisa melihat SERO (Search Engine Result Page) ketika seorang pengunjung membuka situs web anda menggunakan kata kunci tertentu.

Kelebihan lain dari plugin ini adalah ia dapat mendeteksi usaha spam dan hack (dengan alamat IP) Namun, plugin ini tidak bisa dijalankan bersamaan dengan plugin cache static semacam WP Super Cache.

Tadi adalah keenam plugin pelapor data statistik yang saya rekomendasikan dan ulas sedikit. Semoga membantu kalian dalam berburu plugin statistik yang sesuai dengan situs web kalian ya!
Selamat mencoba!

Incoming search terms:

  • cara mrngetahui blig pljumlah pengunjung di wordpres terbaru 2017

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *