Plugin Terbaik Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress

Plugin Terbaik Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress – Apa yang anda inginkan ketika ingin membuka situs web tertentu? Cepat termuat laman dan segera dapat membaca atau melihat kontennya bukan? Bayangkan apa yang terjadi jika situs web yang kalian kelola membutuhkan 10an detik untuk termuat secara sempurna. Yang ada, pengunjung segera memencet tombol kembali dan tidak jadi mampir ke situs we kalian yang proses memuatnya lama.

Walaupun diperngaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kestabilan koneksi internet pengunjung, namun banyak faktor yang melatar belakangi lama tidaknya proses pemuatan laman situs web berasal dari situs web itu sendiri. Mulai dari ukuran file yang terlalu besar, hingga banyaknya plugin yang dipasang yang tidak memiliki fungsi terlalu penting dan hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan saja.

Optimalisasi ukuran gambar dan file yang diunggah ke situs web menjadi penting diperhatikan agar situs web kalian bisa diakses dengan tempo yang lebih singkat. Hal ini bertujuan agar pengunjung tidak kehilangan kesabaran dalam menunggu pemuatan situs web kalian dan tidak beralih ke situs web yang lain.

Nah, untuk itulah saya akan menyarankan 5 plugin yang akan membuat pemuatan situs web kalian bisa menjadi lebih cepat. Teknik yang digunakan pun beragam, sehingga waktu yang digunakan untuk memuat pun bisa lebih optimal dan lebih pendek.

1. WP-Rocket

plugin untuk mempercepat loading wordpress

sumber cekposting.com

Di gunakan lebih dari 228.000 situs web, WP-Rocket menjadi salah satu plugin dengan pengguna terbesar. Plugin ini adalah plugin cache tercepat di pasaran dan bernilai investasi.

Penggunanya dapat dengan mudah mengatur dan menyambungkan plugin ini dengan tanpa bantuan teknisi khusus. Bahkan, plugin ini mampu mengoptimalkan waktu pemuatan situs web hingga 80% lebih cepat daripada plugin lain yang sejenis.

Namun, untuk mendapatkan plugin ini kalian harus mengeluarkan uang sebesar USD39. harga ini termasuk murah mengingat fitur yang ditawarkan cukup menggiurkan dan berkualitas.

Fitur yang ditawarkan oleh plugin ini adalah:

1. Lazy image loading
2. Cache preloading
3. GZip Compression
4. Google Fonts optimization
5. Multisites compatibility
6. DNS Prefetching
7. CDN
8. Browser Caching
9. Minifaction/Concatenation
10. Defer JS Loading
11. Cloudflare Compatibility
12. Mobile Detection
13. White label
14. Developer friendly
15. Import dan export
16. E-Commerce friendly
17. Image on request

2. W3-Total Cache

plugin untuk mempercepat loading page

sumber persatuan.id

Plugin satu ini tidak dipungut biaya alias gratis untuk mengunduhnya. Meski gratis sudah banyak situs web ternama yang menggunakan plugin ini dan menyediakan beragam fitur canggih yang tentu saja akan meningkatkan kecepatan memuat situs kalian.

Untuk mengatur plugin ini kalian hanya memerlukan satu klik dan secara otomatis plugin ini akan mengatur sendiri secara otomatis, namun bagi kalian yang ingin memiliki pengaturan kustom juga bisa melakukannya sesuai keinginan kalian.

Beberapa fitur unggulan dari plugin ini adalah:

1. GZip Compression
2. Minification/Concatenation HTML, CSS dan Javascript
3. CDN Support
4. Penyesuaian terhadap Cloudflare
5. Mobile, Page dan browser Caching
6. Cache preloading
7. Penyesuaian terhadap multi bahasa
8. Import dan export

3. WP-Super Cache

plugin untuk mempercepat loading page

sumber persatuan.id

Plugin ini sangat populer diantara para penulis blog di WordPress dan angka unduhannya sudah melebihi angka 1 juta kali. Selain karena gratis, plugin ini menjadi favorit karena pengoperasiannya yang sangat mudah dan menawarkan berbagai fitur yang cukup menggiurkan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa plugin ini dapat mempercepat waktu pemuatan situs web hingga 70%.

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan adalah:

1. Page caching
2. Cache Preloading
3. CDN
4. Mobile detection
5. Penyesuaian Multiste
6. Penyesuaian Multi bahasa

4. Autoptimize

plugin untuk mempercepat loading page

Plugin satu ini bekerja dengan cara menyederhanakan dan memendekkan baris kode yang membentuk situs web kita namun tetap mempertahankan tampilan seperti semula. Dengan sederhana dan pendeknya kode yang ada maka peramban kita akan lebih cepat membaca kode pembangun situs web tersebut, waktu yang digunakan untuk memuat situs web pun akan lebih cepat pula.

Selain menyederhanakan dan memendekkan, plugin ini juga akan menggabungkan kode pendukung situs web sperti JavaScript dan CSS menjadi satu, sehingga peramban akan membacanya cukup 1 kali saja. lebih lagi, plugin ini akan membuat baris kode tadi menjadi satu baris (inline) juga dengan kode sumber HTML situs kita.

Dengan bantuan plugin ini, baris kode yang tadinya berkisar antara 900 hingga ribuan baris, hanya tinggal 30an baris saja. Hebat ya?!

5. Jetpack

plugin untuk mempercepat loading page

sumber persatuan.id

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan plugin satu ini. Memang karena fungsinya yang sangat banyak, sehingga plugin ini bisa melayani banyak keperluan di situs web kita. Selain kuantitasnya yang banyak, kualitasnya pun tak bisa dianggap remeh. Plugin ini bekerja dengan mengoptimalkan gambar yang kalian unggah menjadi ukuran yang relatif kecil.

Gambar yang kalian unggah akan secara otomatis di kecilkan alias di kompress dan dipindahkan ke CDN untuk ditampilkan ke pengunjung saat membuka situs web kalian. Selain mempercepat, hal ini juga akan menghemat bandwidth server kalian.

Fitur unggulan Jetpack lain yang berkaitan dengan mempercepat pemuatan situs web adalah:

1. Memantau keadaan situs web jika terjadi masalah
2. Dapat menghubungkan selfhosted kalian dengan wordpress.com (layanan wordpress gratis)

Jadi, sudah cukup banyak plugin untuk mempercepat memuatkan situs web anda bukan? Saran saya jangan install semua plugin tersebut sekaligus, bukan lebih cepat, mungkin yang kalian dapatkan malah lebih lama termuat karena terlalu banyak plugin yang kalian instal. Pilih 1 atau 2 plugin saja yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan situs web kalian.
Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. mebel berkata:

    waduh gan ada yg tutorial lainya cara yg via html gan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *