Setting Awalan WordPress Sebelum Melakukan Optimasi Lain

Setelah selesai melakukan penginstalan pada wordpress, ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan. Hal yang paling utama adalah setting dasar wordpress.

Fungsi dari pengaturan dasar ini ialah, agar webiste yang ingin dikelola lebih terlihat profesional. Merubah judul, mengganti waktu tayang, pengaturan komentar, merubah permalink, atur standar gambar

Di sini kita main main pada panel pengaturan di dasbord wordpress.

pengaturan

Masuk ke pengaturan UMUM

PENGATURAN UMUM

Bila anda ingin menggunakan tampilan bahasa indonesia maupun bahasa lain, letak pengaturannya adalah di penel ini. Jadi jangan bingung.

pengaturan-umum_1 pengaturan-umum_2

Hal terpenting yang harus anda lakukan ketika berada di panel pengaturan umum adalah:

Memastikan judul website benar
Memastikan email benar
Pengaturan waktu dan tanggal
Dan yang terakhir adalah Bahasa apa yang ingin anda lihat pada tampilan dasbord wordpress.

Selanjutnya adalah pengaturan pada panel membaca. Sedangkan untuk panel menulis dibiarkan saja, karena pengaturan deafult nya tidak bermasalah.

PENGATURAN MEMBACA

pengaturan-membaca

Pada bagian ini, anda bisa menentukan jumlah postingan yang akan tampil dihalaman depan website anda, tidak harus 10. Normalnya untuk sebuah website berbentuk blog adalah 5 sampai 10

Setelah itu, setting pengaturan feed artikel menjadi ringkasan. Kenapa demikian? RSS Feed adalah tujuan utama para blogger yang tidak bertanggung jawab, misalnya adalah menduplikasi konten dengan tools otomatis. Dengan meringkas feed maka konten yang tampil pada RSS feed juga di kompress, jadi bila tools atau robot para penduplikat ingin mencuri artikel yang kita buat akan kesulitan.

Setting pengaturan dasar pada bagian kometar

PENGATURAN DISKUSI

diskusi_1 diskusi_2

Pengaturan ini sebenarnya merujuk kepencegahan komentar spam yang biasanya sering dilakukan oleh para spammer. Dengan merubah pengaturan seperti pada gambar, tampilan blog anda akan terlihat lebih bersih. Perlu kalian ketahui bahwa, wordpress adalah salah satu platform paling empuk tujuan spammer untuk mengirimkan komen spammer yang isinya hanya becklink, dan tidak relevan sama sekali dengan topik yang dibahas.

Berikutnya adalah setting dasar media

PENGATURAN MEDIA

setiing_media

Pada bagian ini, anda bisa mengatur ukuran gambar deafult yang nantinya bisa mempermudah anda pada saat memposting gambar. Dengan membuat settingan deafult, tentunya anda harus tahu dulu gimana karakterisitk tema yang akan nanti anda gunakan dalam membangun website.

Namun ini tidak harus anda lakukan. Anda bisa lanjut ke setting permalink

PENGATURAN PERMALINK

permalink

Permalink standar ketika anda selesai mengisntal wordpress adalah:

http://namadomain.com/?p=23

Permalink seperti itu kurang bagus, karena tidak mendeskripsikan suatu masalah yang ada dalam URL tersebut, kecuali bila anda membuat website forum, permalink seperti itu tidak masalah.

Selain tidak memberikan deskripsi pada masalah, google juga kurang suka dengan link seperti itu.

Ubah permalink seperti pada gambar.

Untuk anda yang malas membaca, silahkan simak video singkat ini yang berdurasi 03:40.

Bagaimana cara setting awalan wordpress?

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat blog atau website lebih seo adalah permalink. Semakin singkat semakin bagus, tentunya permalink tersebut mengandung sebuah kata kunci.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *