Tips untuk Membuat Artikel Blog yang Keren dan Ramah SEO!

Menulis adalah salah satu keahlian yang harus terus diasah dan dilatih agar ketajamannya terjaga. lebih-lebih menulis untuk situs web atau blog, untuk mempertahankan pembaca dan mendapatkan pembaca berpotensi lain keahlian menulis yang baik benar-benar dibutuhkan.

Kalian harus memikirkan betul mengenai struktur dan tingkat kemenarikan dari tulisan kalian tersebut. Kalian bisa membuat pembaca kalian lebih memahami dan mendalami teks yang kalian tulis dengan menghadirkan Judul, Prolog, sub-judul dan paragraf yang berisi penjelasan yang mudah dipahami.

Jika pembaca kalian bisa memahami tulisan kalian dengan mudah dan menyukainya, mereka cenderung akan membagikannya ke media sosial atau tempat lain dengan tujuan agar teman-temannya dapat membaca dan setuju dengannya.

Tentu saja hal tersebut akan membantu kalian dalam mendapatkan pengunjung atau pembaca potensial baru ke situs web yang kalian kelola. Jadi, untuk menaikkan peringkat kalian di Google, adalah hal wajib untuk memaksimalkan keahlian menulis kalian!

Bagi beberapa orang, menulis untuk tujuan SEO dan menulis untuk menarik dan memikat hati pembaca merupakan hal yang berlawanan. Namun, sebenarnya hal ini tidak bisa dibenarkan 100% juga. Menagapa? Karena artikel yang ramah SEO dan memikat hati dapat dilakukan secara bersamaan. Tentu saja memperhatikan beberapa keadaan seperti, memilih kata kunci yang tepat, jangan mengulang kata kunci secara berlebihan yang akan mengurangi tingkat keterbacaan artikel kalian.

Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara menulis artikel yang sangat enak dan mudah dibaca serta ramah SEO. Saya pikir artikel seperti itu cukup mudah ditulis jika kalian memperhatikan hal-hal tertentu.

1. Berpikir Sebelum Menulis!

Berpikirlah dengan keras kira-kira pesan apa yang sebenarnya ingin kalian sampaikan melalui artikel kalian dan pertanyaan macam apa yang ingin kalian lontarkan dalam artikel kalian. Lebih lagi, apa tujuan kalian menulis artikel ini dan apa yang kalian harapkan ketika pembaca selesai membaca artikel kalian.

Tulis jawaban kalian dari pertanyaan-pertanyaan tadi dan mulailah menulis dengan teratur dan terstruktur.

2. Tulis Struktur dari Artikel Kalian

Kalian pasti pernah diajari membuat kerangka atau outline teks ketika masih di sekolah bukan? Ada baiknya kalian menulis kerangka atau outline tersebut terlebih dahulu agar tulisan kalian tidak melenceng dan melebar kemana-mana.

Sebuah teks paling tidak memiliki 3 bagian:

  1. Pembuka (tempat dimana kalian menyebut dan mengenalkan topik utama dari artikel kalian)
  2. Isi (tempat dimana pesan utama dan topik utama dibahas)
  3. Penutup (bisa dikatakan simpulan, bagian terakhir ini penting untuk meletakkan poin-poin utama secara ringkas dari bagian isi)

Tulis ketiga bagian tadi di kerangka tulisan kalian sebelum menulis artikel yang sesungguhnya.

Cara menulis dengan baik

Contoh kerangka/outline.
Sumber: app.shoreline.edu

3. Tulis Paragraf dengan Baik

Paragraf yang baik terdiri dari 4-6 kalimat dan hanya mengandung 1 ide/gagasan. Buatlah sesederhana itu agar pembaca kalian lebih mudah memahami aliran ide yang ingin kalian sampaikan melalui artikel yang kalian tulis.

Jangan lupa berikan satu atau dua kalimat pengantar ke topik baru sebelum membuat paragraf baru. Hal ini perlu diperhatikan lagi-lagi agar pembaca kalian lebih mudah mau dibawa kemana topik ini. Jangan tiba-tiba menulis/mengemukakan ide baru di paragraf baru.

Jika kalian ingin menulis kata kunci tertentu demi alasan SEO, sisipkan senatural mungkin. Jangan memaksakan memasukkan kata kunci, hal ini bisa membuat pembaca kalian bosan dan meragukan kualitas artikel yang mereka baca.

4. Tulis Pendahuluan

Pendahuluan yang saya maksud disini adalah seperti abstract atau intisari di skripsi atau karya tulis ilmiah lain. Pendahuluan ini berisi bahasan artikel kalian secara garis besar. Mengapa kalian menulis, apa yang kalian tulis dan apa yang kalian harapkan setelah selesai menulis artikel tersebut.

Pendahuluan ini akan mempermudah mesin pencari seperti Google untuk lebih memahami dan mengindeks artikel dan situs web kalian. Tentu saja ini akan mempengaruhi peringkat kalian di Google.

5. Konsultasikan dengan Teman

Konsultasi yang saya maksud adalah minta tolonglah kepada teman kalian yang sekiranya berkompeten untuk membaca artikel kalian dan mintalah mereka memberikan beberapa komentar terkait kualitas artikel yang kalian tulis. Hal ini akan mempermudah kalian menemukan kesalahan atau kekurangan artikel kalian.

Teman tesebut juga bisa menjadi pengingat ketika kalian lupa menulis kata kunci yang berhubungan dengan SEO. Atau jika ada kalimat yang dirasa kurang alami jika menggunakan kata kunci tertentu, orang lain dengan pola pikir yang berbeda akan lebih mudah menemukannya.

Jika kalian tidak memiliki teman yang sekiranya berkompeten, setelah selesai menulis artikel, simpan dan diamkan 2 atau 3 hari. Setelah itu kembali baca artikel kalian yang ditulis tempo hari itu dan niscaya kalian akan menemukan kesalahan dan kekurangan tulisan kalian.

Hal ini terjadi karena otak cenderung menganggap benar ketika memori yang dibuat tersebut masih baru, namun setelah 2 atau 3 hari otak akan menghapus memori itu dan kalian akan merasa seperti membaca artikel baru (walau tidak sepenuhnya baru) dan kalian akan menemukan  kesalahan dan kekurangan tulisan kalian.

cara menulis artikel keren

sumber: http://ccconlineed.org

6. Jangan Terlalu Panjang dan Jangan Terlalu Pendek

Mesin pencari Google menyukai artikel yang jumlah katanya lebih dari 300 kata hingga 700 kata. Para pembaca juga cenderung menyukai artikel yang tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek.

Untuk bagian SEO, tulislah kata kunci kalian 1 hingga 2 % saja. Jika kalian menulis artikel dengan jumlah 500 kata, maka setidaknya kalian hanya boleh menulis 5-10 kata kunci yang digunakan untuk SEO.

7. Kaitkan dengan Konten yang Kalian Tulis Sebelumnya

Jika kalian sudah pernah menulis artikel dengan topik yang serupa, ada baiknya kalian mengaitkan artikel tersebut dengan hyperlink atau pranala luar. Selain menjadi backlink, hal ini juga akan membuktikan kalau kalian benar-benar menguasai topik tersebut.

Dengan mengaitkannya dengan artikel serupa, kalian juga akan mendapat peringkat baik di mesin pencari Google. Selain itu juga akan memudahkan pengunjung situs kalian untuk menemukan artikel serupa.

Secara tidak langsung, pengunjung situs kalian juga akan meningkat karena situs web kalian bisa saja keluar di daftar teratas hasil pencarian di Google.

8. Menulis dengan Teratur

Menambahkan artikel berkualitas secara berkala akan membuat Google berpikir bahwa situs web kalian ini masih “hidup”. Situs web yang “hidup” akan membuat Google kerap menyambangi situs web kalian dan bisa saja keluar di daftar teratas hasil pencarian di Google dengan kata kunci yang sesuai. Situs web yang tidak ada aktifitasnya alias “mati” akan membuat Google tidak akan menyambanginya, sehingga akan menurunkan peringkat situs web tersebut.

9. Gunakan Plugin yang tepat

Banyak plugin yang menangani tentang SEO. Dari sekian banyak plugin yang tersedia kalian pasti bingung kira-kira mana yang cocok untuk di instal di CMS WordPress kalian bukan? Tenang. Karena saya sudah menulis ulasan mengenai 8 plugin SEO terbaik di artikel 8 Plugin SEO Terbaik untuk WordPress.

 

Semoga tips yang saya tulis dan jabarkan diatas dapat membantu kalian dalam meningkatkan kualitas atikel kalian sehingga situs web kalian akan mendapat lebih banyak pengunjung dan peringkat baik dari Google.

Selamat mencoba!

Incoming search terms:

  • content

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *